____________________________________________________________________
__________________genne collagen beauty soap ______genne collagen beauty soap

Tindakan Preventif Untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Sebagaimana kata pepatah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati juga berlaku pada kasus jerawat yang mungkin sering kita alami. Untuk dapat mengetahui cara mencegah jerawat tumbuh pada wajah mulus kita, sebaiknya kita membekali diri dengan mengetahui tipe-tipe jerawat, tindakan antisipasi untuk mencegah tumbuhnya jerawat, dan jenis-jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk menghindari munculnya jerawat.

cara mencegah jerawat
cara mencegah jerawat

Apa itu jerawat?

Secara medis jerawat terjadi karena pori-pori kulit wajah kita tertutup kotoran sehingga minyak atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebasea terjebak di bawah kulit. Sel-sel kulit mati dan bakteri akan menyebabkan terjadinya peradangan sehingga timbullah yang dinamakan jerawat. Pada umumnya jerawat mulai muncul pada usia puber atau pada usia belasan yang dipicu oleh perubahan hormon dewasa. Biasanya jerawat akan berkurang pada usia 25 tahunan tetapi pada beberapa orang jerawat kadang terus ada hingga usia dewasa. Ada beberapa jenis jerawat yang sebaiknya kita ketahui agar dapat melakukan tindakan antisipasi:

jenis jerawat
jenis jerawat

Jenis-jenis jerawat

  1. Jerawat Biasa

Ciri-ciri dari jerawat biasa adalah benjolan kecil yang tumbuh pada kulit dengan warna pink atau kemerahan. Tidak hanya pada wajah, jerawat juga bisa tumbuh pada bagian lain misalnya pada dada dan punggung. Pemicu  tumbuhnya jerawat ini adalah faktor psikis atau stres, perubahan hormon menjelang menstruasi, polusi udara, dan kesalahan dalam perawatan wajah.

oris breast cream
  1. Jerawat Jagung

Jerawat jagung sering juga disebut sebagai jerawat batu atau bernama ilmiah Cystic acne. Penyebab timbulnya jerawat ini adalah faktor genetik atau keturunan, yaitu kelenjar minyak yang sangat aktif, regenerasi kulit yang sangat lambat sehingga jerawat sulit sembuh, dan kulit penderita pada umumnya juga sangat sensitif sehingga jerawat mudah meninggalkan bekas berupa noda atau parut. Karakteristik jerawat batu ini cukup besar dan tumbuh bergerombol sehingga menimbulkan rasa minder bagi penderitanya.

Penyebab jerawat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyumbatan pori-pori oleh minyak,  kulit mati, dan bakteri adalah penyebab timbulnya jerawat yang paling umum. Selain itu faktor genetik, perubahan hormon, stres, efek samping penggunaan alat pencegah kehamilan, dan produksi sebum yang berlebihan juga dituding sebagai faktor-faktor lain tumbuhnya jerawat.

Makanan penyebab jerawat
Makanan penyebab jerawat

Makanan penyebab jerawat

Sebagai langkah awal untuk menghindari timbulnya jerawat adalah mengurangi konsumsi atau menghindari sama sekali makanan penyebab jerawat seperti misalnya mie instant, kacang-kacangan, kelapa, kuning telur, makanan berlemak tinggi atau gorengan, dan kafein. Selain itu untuk menjaga kulit wajah tetap halus dan cantik perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin dan mineral.

Cara menghindari jerawat
Cara menghindari jerawat

Cara menghindari jerawat lain yang juga direkomendasikan adalah rajin membersihkan wajah dan mencoba semaksimal mungkin untuk melakukan relaksasi sendiri. Dengan demikian hormon tubuh akan tetap bekerja secara normal dan wajar sehingga jerawat tak akan muncul.  Anda bisa melakukan relaksasi dengan berolahraga dan rekreasi secara teratur. Semoga cara mencegah jerawat yang direkomendasikan tersebut dapat membantu Anda menghindari jerawat tumbuh pada wajah cantik Anda.

Content Protection by DMCA.com